Cara Ganti Selang Rem ABS Perlu Alat Khusus
butuh Brake Bleeder untuk penggantian selang rem ABS

Cara Ganti Selang Rem ABS Perlu Brake Bleeder

Diposting pada

Goozir.com – Pemilik motor dengan sistem pengereman ABS tidak boleh sembarangan saat melakukan penggantian selang rem. Cara ganti selang rem ABS juga membutuhkan alat khusus agar modul ABS tidak mudah rusak. Mengganti selang rem biasanya ada 2 alasan, yaitu estetika dan fungsi.

Untuk tujuan estetika biasanya konsumen mengganti selang rem dengan selang rem aftermarket agar terlihat lebih menarik atau lebih berwarna.

Untuk alasan fungsi bisa jadi selang rem sudah tidak berfungsi dengan baik karena bocor atau butuh selang rem yang lebih berkualitas karena konsumen melakukan upgrade sistem pengereman.

Cara Ganti Selang Rem ABS

Untuk mengganti selang rem pada sistem ABS perlu dilakukan dengan benar agar srisiko kerusakan modul rem ABS bisa diminimalisir dan butuh alat khusus berupa Brake Bleeder.

Secara umum penggantian selang rem pada sistem ABS tidak berbeda dengan penggantian selang rem non ABS. Perbedaannya pada saat proses bleeding.

Bleeding sendiri dilakukan agar udara yang terperangkap bisa dikeluarkan atau tidak ada angin yang masuk ke saluran minyak rem.

Proses bleeding itulah yang membutuhkan alat khusus Brake Bleeder. Jika pada rem non ABS bisa dengan memompa menggunakan tuas rem, namun pada sistem ABS jika dilakukan hal yang sama bisa merusak modul ABS.

Brake Bleeding mampu melakukan lebih cepat dalam membuang angin dan aman untuk sistem rem ABS.

Jadi intinya untuk pengggantian selang rem sama seperti dengan menggnati selang rem pada sistem rem non ABS yang berbeda saat mengeluarkan udara dari minyak rem yang butuh alat khusus untuk menghindari kerusakan modulator ABS.

Itulah bro and sis tips singkat cara mengganti selang rem ABS tanpa merusak modulator ABS.

Baca juga info pilihan di bawah ini :

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"