cara Bayar Pajak 5 Tahunan di Samsat Purwokerto
Samsat Purwokerto : Jalan Prof. M Yamin  No. 7 Purwokerto Selatan, Karang Klesem, Karangpucung, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Cara Bayar Pajak 5 Tahunan di Samsat Purwokerto

Diposting pada

Goozir.com – Xeon GT125 tunggangan goozir sudah masuk tahun ke 5. Artinya waktunya bayar pajak motor 5 tahunan. Pas lagi mudik, jadi goozir urus sendiri pajak 5 tahunan di Samsat Purwokerto. Samsat Purwokerto melayani seluruh kabupaten Banyumas. Berikut goozir ceritakan bagaimana cara bayar pajak 5 tahunan di Samsat Purwokerto.

Cara Bayar Pajak 5 Tahunan di Samsat Purwokerto Tanpa Calo

31 Mei 2019 goozir membayar pajak motor matik GT15. Masuk 5 tahun menggunakan Yamaha Xeon GT125 secara umum tidak banyak trouble yang dihadapi. Masih wajar lah ganti beberapa part karena sudah tidak berfungsi dengan baik atau pun rusak.

Bayar pajak tahun ke 5 pas dengan moment lebaran sehingga goozir sudah di kampung untuk mengurus pajak 5 tahunan. Untuk bayar pajak lima tahunan maka akan mendapatkan plat nomor baru yang berlaku 5 tahun ke depan.

Untuk prosedur cek fisik hingga terima plat baru, boleh dibilang cukup cepat dan tidak ribet. Selain itu tidak keluar duit macam-macam selain bayar pajak itu sendiri, itu pengalaman goozir. Seperti apa prosedur bayar pajak 5 tahunan di Samsat Purwokerto? Berikut pengalaman goozir.

Pertama yang goozir lakukan tentu berangkat ke Samsat Purwokerto, usahakan agak pagian bro and sis, saya sendiri jam 7an pagi berangkat dan sampai di samsat masih belum antri banyak.

Sebelum antri cek fisik kendaraan siapkan syarat – syartanya yaitu : BPKB asli, STNK asli dan KTP asli. Stofmap beli tempat fotocopy di samsat Rp 2000.

baca: Cara Bayar Pajak Kendaraan Motor Lewat Aplikasi Sakpole

Cek Fisik Kendaraan

Pertama sampai di Samsat Purwokerto langsung ke antri ke antrian untuk cek fisik, yang motor ke bagian motor, yang mobil ke bagian mobil. Berhubung datang pagi antri sebentar sudah dapat giliran .

Sebelum cek fisik beli stofmap di foto copyan, nanti saya gambarkan denah dimana lokasi – lokasi yang harus di datangi. Setelah beli map, masukan BPKB, STNK dan KTP asli pemilik kendaraan ke dalam map.

Petugas akan menggesek no rangka dan no mesin kendaraan. Di Samsat Purwokerto pengalaman saya kemarin tidak mengunakan kertas khusus, hanya lakban kertas putih yang digunakan untuk gesek no rangka dan no mesin.

Di bagian cek fisik goozir tidak keluar duit.

Pengesahan cek fisik

Setelah selesai cek fisik lanjut dengan pengesahan hasil cek fisik. Serahkan stofmap ke bagian pengesahan cek fisik kendaraan. Bagian ini tunggu sebanyak orang yang antri. Bagian ini goozir tidak keluar duit.

SPOPD

Selesai melakukan cek fisik kendaraan dan sah lanjut kebagian SPOPD. Serahkan lagi map yang ada, kebagian SPOPD. Disana akan di cetak informasi kendaraan kita berdasarkan plat nomor.

Bagian ini cukup sebentar dan tidak perlu tulis manual. Tinggal di print sama petugas. Selesai lanjut kebagian selanjutnya. Goozir tidak keluar duit di bagian ini.

Pendaftaran, Ambil Antrian Kasir

Serahkan map ke bagian pendaftaran, tunggu sampai nama di panggil. Setelah di panggil Anda menuju loket pendaftaran dan akan menerima no antrian untuk loket kasir pembayaran pajak kendaraan.

Selesai terima nomor antrian duduk kembali tunggu ke tahap selanjutnya.

Bayar Pajak Kendaraan

Setelah menerima nomor atrian di tahap sebelumnya tinggal nunggu dipanggil untuk pembayaran pajak kendaran. Lihat ke monitor informasi disana ada nomor antrian, nama dan besaran pajak yang harus di bayarkan. Siapkan uang pas untuk mempercepat proses.

No antrian anda sudah sampai tinggal kedepan dan bayar besaran pajak kendaraan 5 tahunan anda. Setelah banyar anda akan mendapatkan kwitansi lunas bayar pajak.

Tahap ini goozir harus keluar duit sebanyak pajak yang harus di bayarkan.

Cetak STNK dan Kwitansi

Setelah selesai bayar pajak nunggu lagi sampai dipaggil namanya untuk menerima Cetak STNK dan Kwitansi lunas bayar pajak. Setelah Anda di panggil, segera ke depan serahkan kwitasi lunas bayar pajak sebelumnya ke petugas. Petugas akan memberikan STNK dan Kwitansi lunas bayar pajak.

Sayangnya kali ini goozir belum beruntung, blanko STNK lagi habis dan goozir belum mendapatkan STNK, Nuggu 2 bulan lagi, awal Agustus disuruh kesana lagi. Goozir hnya menerima kwitansi lunas pajak tahunan dan stempel notice dibelakang bahwa STNK belum jadi.

Sepertinya bukan hanya goozir yang belum beruntung. Apakah akan susah lagi kayak dulu?

Ambil Plat Nomor

Selesai pada bagian pengambilan STNK berarti bayar pajak sudah selesai. Selanjutnya bisa keluar dan menuju ke pojok belakang untuk menerima plat nomor baru untuk 5 tahun kedepan. Kali ini goozir tidak keluar duit saat ambil plat nomor.

baca : Review Pemakaian Sakpole, Aplikasi Bayar Pajak Kendaraan Online

Dari datang sampai selesai mendapatkan plat nomor butuh waktu sekitar 1,5 jam. Goozir sendiri tidak mengukur waktunya. Pengalaman goozir bayar pajak 5 tahunan di Samsat Purwokerto tidak keluar duit macam – macam selain duit untuk bayar pajak Rp 373.500.

Denah Bayar pajak di Samsat Purwokerto
Denah lokasi saat bayar pajak 5 tahunan di Samsat Purwokerto

Itulah pengalaman goozir bagaimana cara bayar pajak 5 tahunan di samsat Purwokerto untuk kendaraan motor. Untuk mobil prosedurnya sama saja.

Semoga berguna.

Baca juga info pilihan di bawah ini

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"