Penyebab Spul Gosong / Rusak Pada Sepeda Motor

Penyebab Spul Gosong / Rusak Pada Sepeda Motor

Diposting pada

Goozir.com – Penyebab spul gosong atau rusak pada sepeda motor terkadang akibat ulah kita sendiri sebgaai pengguna yang kurang hari-hati. Spul gosong atau rusak berakibat pada sistem suplai listrik menjadi terganggu.

Spul pada sepeda motor berfungsi mengimput listrik pada aki. Saat spul gosong berarti spul tidak berfungsi dengan baik atau bahkan tidak berkerja sama sekali atau rusak.

3 Penyebab Spul Gosong / Rusak

Kalau sudah rusak tentu harus diganti atau gulung ulang dan itu harus keluar duit. Dari pada memperbaiki spul yang rusak mending kita ketahui penyebab spul gosong/rusak pada sepeda motor.

Sehingga kita lebih waspada dan melakukan perawatan lebih baik agar spul dapat bekerja dengan optimal.

Setidaknya ada 3 penyebab spul sepeda motor bisa gosong/rusak. Dari 3 peneyebab tersebut pada umumnya dikarenakan oleh pemilik kendaraan entah karena kurang mengerti atau memang lalai.

1. Spul Kotor

Penyebab pertama spul gosong karena spul kotor. Spul kotor biasanya terjadi pada spul kering yang dimiliki oleh motor bertransmisi otomatis. Debu yang masuk dan terakumulasi bisa menyebabkan kerusakan spul.

Apalagi jika kena air dan bisa mengakibatkan karat. Kalau spul sudah kotor bahkan karatan tentu membuat pengisian aki tidak maksimal dan kencenderungan spul menjadi rusak makin besar.

2. Kurang oli

Kurang oli bisa menyebabkan keruskan pada spul bahkan bisa gosong. Kurang oli biasanya terjadi pada mesin dengan pelumasan basah seperti pada motor sport atau bebek.

Selain melumasi mesin, pada pelumasan basah oli juga melumasi spul dan mendinginkan spul. Bisa dibayangkan jika oli kurang atau kering spul jadi panas dan gosong. Belum lagi mesin yang menjadi rusak.

3. Terlalu banyak pasang lampu

Penyebab ketiga yang bisa membuat spul gosong akibat pemasangan lampu yang berlebihan sehingga daya yang dihasilkan spul untuk mensuplai lampu kurang. Akibatnya spul bekerja keras dan jika dibiarkan bisa membuat spul gosong.

Untuk membuat pengisian daya maksimal untuk mensuplai lampu yang banyak atau membutuhkan daya besar bisa melakukan gulung ulang spul dan menggunakan kiprok 3 phase agar pengisian daya lebih besar dan tidak tekor.

Baca :

Itulah 3 penyebab spul gosong / rusak yang biasa terjadi pada sepeda motor. Intinya kita memang harus pehatikan pengunaan lampu dan melakukan perawatan spul untuk mencegah spul gosong atau rusak.

Baca juga info pilihan di bawah ini

Follow us

IG : GOOZIRBLOG

FB Page : Goozircom

Twitter : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"