Cara Ngecek Oli Mesin Motor, Perlu Ditambah atau Diganti
salah satu langkah ngecek oli mesin sepeda motor

Cara Ngecek Oli Mesin Motor, Perlu Ditambah atau Diganti

Diposting pada

Goozir.com – Cara ngecek oli mesin motor sangat mudah di lakukan. Anda hanya perlu memeriksanya melalui deep stick. Deep Stick sekaligus sebagai penutup lobang pengisian oli mesin. Ada beberapa motor yang memiliki lapisan transparan pada area mesin untuk mengecek posisi oli mesin apakah perlu diganti atau cukup di tambah saja.

Oli Mesin memiliki peran penting untuk menjaga mesin dapat bekerja dengan baik. Oli mesin berfungsi melumasi bagian mesin yang saling bersentuhan dengan komponen lain. Oli mesin membuat gesekan menjadi lancar dan licin.

jika kekuarangan oli mesin maka bisa berbahaya paling parah mesin bisa jebol. paling ringan ada bagian mesin yang gancet akibat kurangnya pelumasan.

Cara Ngecek Oli Mesin Menggunakan Deep Stick

Untuk mengetahui posisi oli apakah perlu di ganti atau cukup ditambah saja, Anda bisa menggunakan Deep Stick yang sudah tersedia. Cara pengecekannya juga mudah.

Berdasarkan pengalaman yang goozir lakukan, pengecekan oli mesin bisa di lakukan pada pagi hari saat motpr belum digunakan. Namun goozir juga pernah membaca kalau cara ngecek oli mesin biasanya mesin di nyalakan sekitar 3-5 mendit terlebih dahulu kemudian di standar tengah dan di cek melalui deep stick.

Kalau yang goozir lakukan untuk mengecek kondisi Oli mesin cukup membuka tutup lobang pengisian Oli mesin (Deep Stick). Kemudian bersihkan dulu deep sticknya setelah itu pasang lagi deep stick-nya, kencenging namun jangan kencang banget cukup sampai mentok.
Setelah itu buka lagi dan lihat posisi oli mesin pada deep stick.

Dimanakah posisi oli?

Pada ujung deep stick ada batas atas dan bawah yang menjadi patokan. Untuk oli mesin yang masih normal posisi berada di atara batas atas dan bawah dengan kondisi warna oli masih tergolong jernih.

Jika berada di posisi antara low dan high maka masih normal olinya. Jika berada di posisi batas bawah maka ada 2 kemungkinan yang bisa dilakukan yaitu :

Oles oli ke tisu jika oli terlihat keruh dan hitam maka sudah waktunya di ganti. Namun jika kondisi oli masih bening maka hanya perlu di tambahin saja.

terkait :

Jika mau dilakukan penambahan maka tambahkan dengan spek oli dan merek yang sama dengan yang di pakai sebelunya. Sedangkan jika sudah keruh dan hitam maka silahkan diganti sesuai dengan spek oli yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Untuk video cara ngecek oli mesin motor bisa saksikan tutorialnya di bawah ini

Demikian informasi cara mengecek oli mesin motor untuk mengetahui apakah perlu ditambah atau di ganti. Semoga berguna

Baca juga infomasi pilihan di bawah ini

Follow us

IG : Goozirblog

Facebook : Goozircom

Twitter : Goozircom

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"