Pajak Barang Mewah Motor 300 cc Akan Dihapus? Ramai Nih Kalau Gol…!!
YZF-R3 Black

Pajak Barang Mewah Motor 300 cc Akan Dihapus? Ramai Nih Kalau Gol…!!

Diposting pada

Goozir.com – Aturan pajak barang mewah motor 300 wacananya akan dihapus. Info tersebut di utarakan oleh Pak Dyon saat perayaan 1,5 juta motor yang diekspor oleh Yamaha, yang dihadiri presiden RI Bapak Joko Widodo, di Pulogadung. Wacana yang disampaikan oleh Pak Dyon (Vice President) YIMM bahwa pemerintah mewacanakan untuk meninjau ulang peraturan, agar penjualan motor dengan kapasitas 300 cc tidak dikenakan pajak barang mewah.

Aturan Pajak Barang Mewah Motor 300 cc Akan Dihapus

Sekali lagi info yang beredar masih sebatas wacana peninjauan ulang atas aturan pajak barang mewah untuk motor berkubikasi 300 cc. sekali lagi baru wacana. Artinya jika aturan tersebut benar benar di hapus barulah aturan pajak barang mewah motor 300 cc menjadi 0 (nol) persen.

Dengan di hapusnya pajak barang mewah atas motor 300 cc dianggap bisa meningkatkan angka ekspor produk motor Indonesia. selain itu dengan dihapusnya pajak barang mewah pada motor 300 cc maka pasar otomotif Indonesia menjadi lebih besar.

Memang jika aturan tersebut di hapus maka Indonesia menjadi pasar yang sangat besar bagi pabrikan lain. bukan hanya pabrikan Jepang, namun pabrikan dari negara lain. efeknya Indonesia menjadi pasar dan pemerintah tidak mendapatkan yang selama ini meraka dapatkan.  Kalau untuk pasar ekspor sepertinya tidak berpengaruh banyak karena pajak di bebankan kepada konsumen.

Tapi sebaliknya bagi pasar import maka Indonesia bisa di banjiri motor gede dari berbagai negara. Indonesia kan kaya – kaya dan tidak mikirin duit buat hobi bagi orang kaya.

Jika pajak barang mewah motor 300 cc dihapus, harga moge juga makin murah. Ini yang bisa di rasakan oleh konsumen secara langsung. Selain itu motor yang diproduksi di Indonesia dengan kubikasi 300 cc lebih juga bisa dijual di Indonesia dengan harga lebih terjangkau.

Aturan yang berlaku saat ini, motor dengan kubikasi di atas 250 cc atau harga di atas 300 juta rupiah di kenakan pajak barang mewah dan pajak-pajak lainnya. Jadilah harga motor lebih dari 250 cc di Indonesia lebih mahal dari harga di Eropa atau negara asalnya.

Bahkan Yamaha sendiri yang memproduksi R3 tidak berani jual Yamaha R3 di Indonesia karena harganya yang mahal.

Nah bagaimana bro and sis jika aturan pajak barang mewah motor 300 cc benar-benar di hapus, setuju tidak bro…?

Baca juga info pilihan di bawah ini

data-matched-content-rows-num="3" data-matched-content-columns-num="3"